Kumpulan Managemen Pemasaran Artikel Mata Kuliah Jurusan Akuntansi dan Manajemen

Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

ADSENSE HERE!


Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Konsep Penjualan

Konsep Penjualan yaitu memfokuskan pada penjualan. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk yang dibuat sebaik-baiknya, lalu nanti baru dipikirkan bagaimana cara menjualnya. Ingat yang dikedepankan adalah produk. Secara implisit pandangan konsep penjualan adalah:

  1.     Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak membeli produk yang tidak penting
  2.     Konsumen dapat didorong untuk membeli lebih banyak melalui berbagai peralatan atau usaha-usaha yang mendorong pembelian
  3.     Tugas perusahaan adalah untuk mengorganisasi bagian yang sangat berorientasi pada penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan langganan.


Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya. Konsep pemasaran mengandung tiga dasar pokok :

  1.     Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen.
  2.     Semua aktivitas pemasaran  dilakukan secara terpadu (integrated marketing).
  3.     Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.
ADSENSE HERE!
Copyright © managemen pemasaran. All rights reserved. Template by CB