Kumpulan Managemen Pemasaran Artikel Mata Kuliah Jurusan Akuntansi dan Manajemen

Bab 3 Lingkungan Pemasaran

ADSENSE HERE!
Bab 3 Lingkungan Pemasaran
Tujuan
Kemampuan yang Dipelajari (1-3)

1. Menggambarkan kekuatan lingkungan yangmempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya

2 Menjelaskan bagaimana perubahan dalam lingkungan demografis dan ekonomi mempengaruhi keputusan pemasaran

3. Mengidentifikasikan gejala utama dalam lingkunganalam dan teknologi perusahaan

4. Menjelaskan perubahan kunci dalam lingkungan politik dan budaya


5. Mendiskusikan cara perusahaan bereaksi terhadap lingkungan pemasaran

Kajian Konsep (1)
• Dalam bab ini dan dua bab berikutnya, Anda akan mempelajari lingkungan pemasaran dan cara perusahaan menganalisis lingkungan ini untuk memahami pasar dan konsumen dengan lebih baik

• Perusahaan harus terus mengamati dan mengelola lingkungan pemasaran untuk mencari peluang dan mencegah ancaman

Kajian Konsep (2)
• Lingkungan pemasaran terdiri dari semua pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan transaksi bisnis secara efektif dengan pasar sasarannya

Lingkungan Mikro Perusahaan
Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari pelaku lain yang dekat dengan perusahaan dan bergabung untuk membentuk jaringan penghantar nilai perusahaan atau mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggannya

Lingkungan Mikro Perusahaan
Internal dan Saluran Pemasaran
1. Lingkungan mikro meliputi lingkungan internal perusahaan—beberapa departemen dan tingkat manajemennya—karena lingkungan internal itu mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran

2. Firma saluran pemasaran—pemasok dan perantara pemasaran, termasuk penjual perantara, firma distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan— bekerja sama untuk menciptakan nilai pelanggan Pasar, Pesaing, dan Masyarakat

3. Lima jenis pasar pelanggan meliputi konsumen, bisnis, penjual perantara, pemerintah, dan pasar internasional

4. Pesaing menantang perusahaan dalam usahanya melayani pelanggan dengan lebih baik

5. Terakhir, beragam masyarakat mempunyai kepentingan aktual atau potensial atau dampak bagi kemampuan perusahaan untuk memenuhi tujuannya

Lingkungan Makro
• Lingkungan makro terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi keseluruhan lingkungan mikro

• Kekuatan-kekuatan ini membentuk peluang dan menempatkan ancaman bagi perusahaan

Lingkungan Makro
Enam Kekuatan Pembentuk

Enam kekuatan yang membentuk lingkungan makro perusahaan meliputi kekuatan:

– Demografis
– Ekonomi
– Alam
– Teknologi
– Politik
- Budaya

Lingkungan Demografis
• Demografi adalah studi karakteristik populasi manusia

• Saat ini lingkungan demografis memperlihatkan:
– Struktur usia yang berubah
– Perubahan profil keluarga
– Perubahan populasi geografis
– Populasi terdidik dan pekerja kerah putih yang lebih banyak
– Peningkatan keragaman

Lingkungan Ekonomi
• Lingkungan ekonomi terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelian

• Lingkungan ekonomi cenderung ditentukan oleh perhatian konsumen pada nilai dan perubahan pola belanja konsumen


Perubahan Lingkungan Demografis dan Lingkungan Ekonomi (1)

• Saat ini konsumen yang terperas secara finansial sedang mencari nilai yang lebih besar—kombinasi yang tepat dari kualitas dan jasa yang baik pada harga yang wajar

• Distribusi pendapatan juga berubah

• Orang kaya semakin kaya, kelas menengah menurun, dan orang miskin tetap miskin, menghasilkan dua tingkat pasar

• Sekarang banyak perusahaan melakukan penawaran pemasaran mereka pada dua pasar yang berbeda—orang kaya dan orang miskin

Lingkungan Alam
• Lingkungan alam memperlihatkan tiga gejala utama:
– Kelangkaan bahan mentah tertentu
– Tingkat polusi yang lebih tinggi
- Semakin banyaknya intervensi pemerintah dalam manajemen sumber daya alam

• Kepedulian lingkungan menciptakan peluang pasar bagi perusahaan yang waspada

Lingkungan Teknologi
• Lingkungan teknologi menciptakan peluang dan tantangan
• Perusahaan yang gagal mengikuti perkembangan teknologi akan kehilangan peluang produk dan pemasaran baru

Lingkungan Politik
Lingkungan politik terdiri dari hukum, badan, dan kelompok yang mempengaruhi atau membatasi tindakan pemasaran

Lingkungan Politik
Perubahan Mendunia
Lingkungan politik telah mengalami tiga perubahan yang
mempengaruhi pemasaran di seluruh dunia:
– Semakin banyaknya undang-undang yang mengatur undang bisnis
– Penegakan hukum yang kuat oleh badan pemerintah
– Penekanan tindakan tanggung jawab etika dan sosial yang lebih besar

Lingkungan Budaya
Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan yang mempengaruhi:
– Nilai
– Persepsi
– Selera
– Perilaku sosial

Lingkungan Budaya
Perubahan-perubahan
Lingkungan budaya memperlihatkan:
– Kecenderungan menuju "kepompong" digital Kepercayaan kepada institusi yang semakin berkurang
– Peningkatan rasa patriotisme
– Kepedulian terhadap alam yang semakin besar
– Spiritualisme baru
- Pencarian nilai yang lebih berarti dan abadi

Lingkungan Pemasaran
Reaksi Perusahaan (1)
• Perusahaan dapat secara pasif rnenerima lingkungan pemasaran sebagai elemen yang tidak dapat dikendalikan di mana mereka harus:

– Beradaptasi
– Menghindari ancaman
– Memanfaatkan peluang yang ada

Lingkungan Pemasaran
Reaksi Perusahaan (2)
• Atau perusahaan dapat mengambil tindakan proaktif, bekerja untuk mengubah lingkungan dan tidak hanya bereaksi terhadapnya
• Setiap saat, perusahaan harus berusaha proaktif dan tidak reaktif
ADSENSE HERE!
Copyright © managemen pemasaran. All rights reserved. Template by CB